Makanan Pencegah Kanker Serviks Pada Wanita

Makanan Pencegah Kanker Serviks Pada Wanita - Kanker serviks atau kanker rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti oleh kaum wanita.Kanser serviks terjadi karena adanya perubahan struktur sel pada rahim yang menjadi ganas dan menyebabkan kematian penghidapnya. Kanker serviks menyerang pada bagian organ peranakan kaum wanita, tepat di pintu rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara vagina dan rahim.

http://www.obatservikstradisional.com/2016/06/makanan-pencegah-kanker-serviks-pada.html

Tanda-Tanda Anda Telah Terkena Penyakit Kanker Serviks


Kanker serviks membutuhkan proses yang panjang yaitu antara 1- sampai 20 tahun untuk menjadi satu penyakit kanker yang pada mulanya disebabkan oleh infeksi. Jadi, sebab itulah pada tahap awal perkembangannya sulit untuk dilacak. Namun, setiap wanita dianjurkan untuk melakukan tes pap smear, paling kurang dua tahun sekali.

Meskipun sulit untuk dilacak, tetapi ada beberapa pertanda yang bisa menjadi petunjuk bahwa Anda telah terkena kanker serviks.

  1. Ketika melakukan hubungan seksual, selalu merasa sakit dan adakalanya diikuti dengan pendarahan.
  2. Mengalami keputihan yang tidak normal dan disertai dengan pendarahan dan jumlah yang berlebihan.
  3. Sering merasa sakit pada area punggung.
  4. Sering mengalami rasa sakit saat buang air kecil.
  5. Ketika datang haid, darah yang keluar dalam jumlah yang banyak setra berlebihan.
  6. Sering merasa sakit pada bagian paha ata salah satu paha mengalami bengkak, nafsu, berat badan tidak stabil dan susah untuk buang air kecil.


Ada beberapa jenis makanan yang dikatakan mampu mencegah kanker serviks. antaranya:

Teh Hijau
Minuman teh hijau atau green tea memiliki banyak manfaat karena kandungan polifenol yaitu antioksidan yang mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Lobak Merah
Wortel mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Wortel juga mengandung beta-karoten dan karotenoid yang juga membantu pencegahan kanker serviks. Masaklah wortel menjadi sup, salad, jus atau dibuat ulam dengan direbus terlebih dahulu.

Jeruk Bali
Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk Bali dikatakan mampu mencegah pembentukan senyawa nitrogen yang menyebabkan kanser.Selain itu, konsumsi jeruk bali juga dapat menurunkan risiko penyakit kanker perut, usus besar, kanker saluran kencing dan kanker payudara.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang merah kaya dengan vitamin E yang dapat mengurangi risiko terjadinya sakit perut, usus besar, paru-paru, hati dan beberapa jenis kanker lagi.

Sayur Berwarna Hijau Tua
Sayuran berwarna hijau seperti daun selada, bayam, brokoli mengadungi flavonoid yang merupakan sumber nutrisi utama untuk mencegahkan kanker serviks dan jenis kanker lainnya.