Tanda Awal Kanker Serviks yang Perlu Kamu Ketahui

Tanda Awal Kanker Serviks yang Perlu Kamu Ketahui - kanker serviks adalah salah satu kanker yang cukup dikenal di kalangan wanita di seluruh dunia. Ini terjadi dalam sel-sel leher rahim yaitu di bagian bawah rahim yang terhubung dengan vagina. Asosiasi Kanker Amerika memperkirakan bahwa sekitar 12,900 kasus baru kanker serviks akan didiagnosis dan sekitar 4,100 wanita akan mati akibat penyakit ini pada tahun 2015. Ini adalah perkiraan yang sangat mengejutkan tapi itu suatu pernyataan benar.


Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh virus yang dikenal sebagai Human Papillomavirus (HPV). Wanita di segala usia berisiko kanker ini setelah mereka mulai melakukan hubungan seksual. Faktor-faktor risiko termasuk melakukan seks secara tidak aman, seks secara acak, berat badan berlebihan, penggunaan pil kontrasepsi, genetik, merokok, kekebalan yang lemah, kehamilan ganda dan kehamilan pertama pada usia yang muda.

Salah satu hal yang paling menakutkan tentang kanker ini adalah ia tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Setelah penyakit itu telah menyebar ke kandung kemih, hati, usus atau paru-paru, tanda-tandanya mulai terlihat. Sebagai seorang wanita dewasa, jika Anda melihat apa-apa perubahan yang luar biasa atau tanda-tanda yang mempengaruhi organ-organ reproduksi Anda, berkonsultasilah dengan dokter sebagai langkah awal pencegahan.

Selalu ingat bahwa peluang Anda untuk berhasil mengobati kanker serviks adalah lebih tinggi jika terdeteksi pada tahap awal. Dengan menggunakan tes Pap dan vaksinasi HPV, ia menjadi suatu kemungkinan kanker tersebut dapat diobati dan sekaligus turut mencegah dari terjadinya kanker serviks. Dengan pengetahuan tentang risiko-risiko dan tanda-tanda awal kanker serviks, Anda dapat menyelamatkan diri dan orang lain dari menanggung penderitaan kanker tersebut seumur hidup.

Berikut adalah tanda awal kanker serviks yang perlu Kamu ketahui

Terjadi pendarahan pada vagina secara tidak normal
Kebanyakan wanita yang didiagnosis dengan kanker serviks mengalami pendarahan yang tidak teratur. Satu tindakan yang dapat mempengaruhi perdarahan vagina yang terjadi secara teratur dapat menjadi indikator kanker serviks. Ia juga dapat disebabkan oleh kondisi medis lain, seperti ketidakseimbangan hormon, penyakit peradangan panggul atau infeksi pada organ-organ panggul.

Kanker serviks mampu menyebar ke jaringan berdekata. Ini juga dapat membuat kapiler baru yang tidak normal dan mudah pecah serta dapat menyebabkan perdarahan. Pendarahan itu bisa terjadi di antara periode menstruasi, setelah melakukan hubungan seks, setelah menopause maupun setelah pemeriksaan panggul. Pergi menemui dokter jika Anda mengalami perdarahan di antara siklus haid atau setelah hubungan seks. Ini mungkin menjadi suatu tindakan awal dalam mencegah kanker serviks yang mungkin telah mulai ada dalam diri Anda.

Vagina mengeluarkan cairan yang luar biasa
Sedikit penjelasan kepada Anda, cairan keputihan dan bau adalah hal biasa yang vagina Anda mungkin akan keluarkan. Namun, jika cairan vagina bertambah, bau busuk dan cairan yang keluar tidak tetap, itu bisa menjadi tanda awal infeksi vagina, kanker mulut rahim atau endometrium.

Bila mengalami kanker mulut rahim, cairan keputihan yang keluar bisa menjadi berat, pucat, berair, mungkin berwarna coklat atau bercampur dengan darah. Jika Anda mengalami gejala ini, segera berkonsultasi ke dokter Anda dengan segera sebelum ianya terlambat.

Merasa sakit saat melakukan hubungan seks
Hubungan seks yang menyakitkan adalah satu lagi tanda awal kanker serviks yang penting. Gejala ini menunjukkan kanker serviks yang lebih berkembang, dimana kanker tersebut telah menyebar ke seluruh jaringan dan organ-organ reproduksi. Selain rasa sakit, Anda juga mungkin mengalami gejala-gejala lainnya, seperti suatu ketebalan di dalam vagina atau keputihan yang berbau busuk.


Ada alasan lain yang mungkin bagi mengkaitkan masalah ini khususnya, seperti infeksi atau PCB. Jangan mengabaikan gejala ini. Dapatkan pemeriksaan serviks oleh dokter atau ahli yang Anda percayai. Anda mungkin berhasil mencegah kanker tersebut dari sukses mendatangkan penderitaan bagi hidup Anda.

Nyeri pada panggul
Nyeri pada panggul adalah hal biasa yang terjadi dalam kalangan wanita. Kram dan nyeri tertentu adalah sebagian hal yang normal dalam siklus haid dan janganlah biasanya tidak menunjukkan adanya kanker atau mana-mana kondisi serius yang lain. Namun, rasa sakit yang berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama dan lebih sering terjadi dapat menjadi tanda kanker serviks yang tidak patut pedulikan.

Jika Anda mengalami kanker serviks, Anda mungkin mengalami sakit panggul pada masa-masa yang luar biasa, dan rasa sakit yang mungkin dimulai secara tiba-tiba pada setiap saat dalam bulan-bulan tertentu. Selain itu, rasa nyeri biasanya tidak terjadi kecuali kanker berada dalam tahap berikutnya, yaitu dimana kanker tersebut telah mulai lebih berkembang. Jika Anda memiliki pengalaman merasa sakit pada panggul atau merasakan suatu tekanan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan mencegah kemungkinan kanker serviks terjadi.

Ketidaknyamanan saat buang air kecil
Kanker serviks juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat buang air kecil. Bahkan, ia adalah salah satu dari tanda-tanda yang paling jelas dan nyata bahwa penyakit ini bisa berakibat fatal. Ketidaknyamanan membuang air kecil termasuk rasa seperti terbakar, rasa pedih atau sensasi yang ketat saat buang air kecil. Gejala seperti ini terjadi ketika kanker telah menyebar ke jaringan terdekat. Hal ini membutuhkan perhatian segera untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Namun, ketidaknyamanan saat buang air kecil juga bisa disebabkan oleh sebab-sebab lain, seperti infeksi saluran kemih, masalah kandung kemih, infeksi jamur atau penyakit kelamin (STD). Pastikan Anda selalu diperiksa oleh dokter apakah didiagnosis atau terus mendapatkan perawatan yang tepat untuk menghindari masalah tersebut menjadi lebih parah sekaligus memberikan jalan bagi kanker serviks untuk terus berkembang dalam tubuh Anda.

Periode menstruasi yang lebih lama dan berat
Periode menstruasi yang lebih berat dan lebih lama dari biasa adalah satu lagi tanda-tanda awal kanker serviks. Sebagai contoh, iritasi serviks mungkin disebabkan oleh penyebaran kanker serviks dan menjadi antara kaitan utama dalam masalah ini. Pendarahan dianggap berat jika Anda harus mengganti pembalut atau tampon lebih sering dari sekali dalam setiap 2 jam.

Selain kanker, pendarahan berat dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, fibroid, polip, penyakit peradangan panggul, endometriosis atau tiroid, masalah pada organ yang dekat dengan hati atau penyakit ginjal. Ini juga dapat terjadi karena konsumsi obat-obatan tertentu. Apa-apa perubahan dalam konsistensi haid perlu dibahas dengan dokter Anda. Ingatlah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Kehilangan kontrol pada kandung kemih
Sering membutuhkan waktu istirahat adalah biasa dalam kalangan wanita hamil dan orang-orang yang telah meningkatkan konsumsi serat dalam diri mereka. Jika Anda mengalami masalah ini tanpa mengetahui apa sebabnya, ini mungkin perlu dilakukan penilaian pada tahap berikutnya.

Kehilangan kontrol pada kandung kemih adalah masalah utama ketika seseorang itu mengidap kanker serviks. Ini biasanya menunjukkan bahwa kanker tersebut telah menyebar di luar area lokal dan mempengaruhi kandung kemih atau bagian-bagian lain saluran kencing. Orang yang telah didiagnosis dan didiagnosis dengan kanker ini sering mengalami masalah kehilangan kontrol kandung kemih ditambah dengan darah dalam air kemih. Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli yang dipercaya jika masalah tersebut terjadi pada Anda untuk mendapatkan pemeriksaan sekaligus mampu menjauhkan Anda dari risiko mengidap kanker serviks.

Kehilangan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
Seperti tanda-tanda lain ketika kanker telah mulai teramati, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan juga dapat dikaitkan dengan kanker serviks. Ketika menderita suatu kanker, sistem imun dalam tubuh bekerja keras untuk melawannya. Badan akan menghasilkan protein kecil yang dikenal sitokin yang memecahkan lemak pada tingkat yang lebih tinggi dari biasa. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan, tanpa diet Anda.

Jika Anda tiba-tiba kehilangan berat badan dan memiliki beberapa gejala lain seperti yang telah disebutkan dalam artikel ini, mungkin disebabkan oleh kanker serviks yang telah mulai berkembang. Adalah penting bahwa Anda mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari dokter dan ahli yang terpercaya.

Kelelahan yang berkelanjutan
Hari yang sibuk sering dialami oleh siapa saja, tetapi dengan istirahat yang cukup, Anda akan merasa segar dan energik. Jika Anda merasa lemah atau kekurangan energi setiap saat bahkan istirahat Anda telah lama mengambil istirahat, ia bisa menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan.

Ketika seseorang menderita kanker, sel darah merah akan diganti dengan sel-sel darah putih untuk melawan penyakit ini. Ini menyebabkan anemia, yang menyebabkan kelelahan, kekurangan energi dan hilangnya nafsu makan. Selain itu, ada juga masalah kurangnya pasokan oksigen ke tubuh. Menanggapi penyakit anemia adalah tanda peringatan bahwa kanker tersebut berkembang pesat. Anda perlu untuk mendapatkan perawatan secepat mungkin untuk menghindari penyakit tersebut terus merusak diri Anda.

Sakit kaki
Wanita yang didiagnosis dan dikonfirmasi mengidap kanker serviks sering mengalami bengkak dan sakit pada kaki mereka. Bila kanker mulai menyebar, ia akan menghambat aliran darah, yang menyebabkan pembengkakan pada kaki. Kaki bengkak sering membuat Anda sakit, rasa sakit sehingga sulit untuk melakukan kegiatan harian Anda scara normal. Bila dikaitkan dengan kanker serviks, nyeri tersebut mulai cenderung berkelanjutan dan meningkatkan intensitas dari waktu ke waktu. Pada seketika waktu, Anda mungkin juga mulai sakit belakang.

Ingat, sakit kaki tidak berarti anda menderita kanker. Jika Anda memiliki rasa sakit pada kaki dan beberapa gejala yang telah disebutkan di atas untuk beberapa minggu, langkah pertama yang wajar dan terbaik untuk diri Anda adalah bertemu dan mendapatkan pemeriksaan oleh dokter yang Anda percaya. Pastikan kualitas hidup Anda tidak sesekali dipengaruhi oleh kanker serviks dan merusak hubungan Anda bersama orang yang tersayang.

10 Makanan Untuk Mencegah Kanker Serviks

10 Makanan Untuk Mencegah Kanker Serviks - Penyakit yg jadi momok bagi kaum hawa. Kanker serviks (kanker leher rahim) yakni salah satu penyakit pembunuh yg menempati urutan ketiga. Bahkan masuk ke dalam peringkat tujuh diantarapenyakit ditakuti di dunia. Berbahayakah? Ya! Penyakit ini merenggut separuh kebahagiaan kamu. Merenggut mahkota perempuan kamu! Apakah kamu ingin jadi korban selanjutnya?


Kanker adalah salah satu penyakit yg dapat dicegah sejak awal. Lantaran terhadap rata rata bakal menjangkiti kepada perempuan di tengah periode produktifnya, yaitu umur 35-50 tahun. Bahkan bila wanita yg sudah pernah melakukan hubungan seksual di bawah umur 20 tahun, mempunyai ancaman lebih besar 2x lipat.

Penyebab kanker serviks ialah HPV (Human Papilloma Virus) yg teramat gampang tersebar dan menular. Kebanyakan sangat berisiko ada pertukaran cairan. Atau apabila kamu tak berhati-hati, pada kloset umum pun bisa. Kalau ada satu orang pasien yg memakai kloset, tetapi tak membersihkanya dengan cara sempurna, pengguna selanjutnya pula sanggup tertular.

Kamu tidak mau terlambat bukan? Dari pada mesti menghabiskan duit beberapa ratus juta, lebih baik laksanakan pencegahan. Dari pada mesti kehilangan separuh kebahagiaan, mending membeli makanan sehat yg rasanya kurang begitu lezat. Ini merupakan keputusan kamu para perempuan.


Ada cara buat menghindarinya. Salah satunya lewat pola makan yg terjaga. Serta pemilihan kategori makanan yg sifatnya tak karsinogenik. Di bawah ini yaitu makanan pencegah kanker serviks yg lumayan ampuh menghindari kita dari kanker mematikan ini.

1. KUBIS #Master Sulforaphae

Kol (Brassica oleracea) salah satu sayuran yg gampang sekali kamu temukan didaerah kamu. Nutrisi terbanyaknya terhadap kandungan vitamin A, C, E, dan vitamin K. Selain itu pun kaya akan asam folat, belerang, kalsium, zat besi, kalium, pula magnesium. Kelebihan lainya yakni makanan ini tak mempunyai kandungan kolestrol juga lemak jenuh yg ‘jahat’. Maka amat sangat rendah kalori. Sesuai buat jadi menu diet kamu.

Kandungan yg paling utama lagi yaitu Iupeol, sinigrin, I3C, Sulforaphae, juga DIM yg sanggup menghambat perkembangan sel kanker. Lebih spesifik yakni kanker serviks yg berbahaya tersebut. Saran kalau kamu memang ingin memakai buat mencari full gizi, dengan dikonsumsi mentah. Tetapi pencucian mesti bersih.

2. Brokoli #Master Folat

Satu-satunya sayuran yg mempunyai kandungan kalsium setara bersama susu segelas! Bukan cuma itu, sebenarnya brokoli mempunyai amat sangat banyak nutrisi seperti protein, asam lemak omega 3 (rata-rata terdapat pada ikan-ikanan), karbohidrat, lemak, kalsium, potassium, fosfor, zat besi, Zink, magnesium, vitamin A, B1, B2, B6, B3, B5, B9, C, E, K. mangan, dan triptofan. Sayuran ini pula bebas dari kandungan lemak jahat yg kebanyakan sanggup memicu kolestrol. Teramat aman dan baik bagi badan.

Kandungan yg kamu cari buat mencegah kanker serviks ialah folat atau vitamin B9. Fungsinya ialah mengurangi tingkat pertumbuhan sel kanker serviks. Bahkan terdapat zat antioksidan yg merupakan salah satu senyawa anti kanker. Ialah atas kandungan dari glucoraphanin dan indole 3 carbinal. Malah zat tersebut bekerja aktif buat mencegah dari kanker serviks, prostat, serta payudara.

3. Buah Alpukat #Master Oleat

Salah sebuah yg kaya nutrisi didalamnya. Bahkan mencapai lebih dari 25 macam nutrisi. Sayangnya sekian banyak perempuan justru menghindarinya dengan alasan kandunga lemaknya. Takut gemuk? Mungkin! Namun justru lemak yg ada dalam alpukat yaitu lemak sehat. Selain itu kandungan lain yg sehat bagi badan yakni kalori, 20 vitamin, mineral, lutein, juga sodium. Kandungan yg lumayan berguna buat mengurangi efek kanker yakni adanya glutation. Fungsinya yg sanggup melawan radikal bebas. Serta kaya akan asam oleat yg bisa melindungi diri kamu dari efek kanker.

4. Rasberry, Blueberry juga Blackberry #Master Lutein

Buah yg amat sangat ternama dibeberapa Negara Eropa sebab pertumbuhanya memang lah memunkinka disana. Kandungan yg cukup fantastis terlebih terhadap vitamin C, B1, B2, B3, B5 dan sekian banyak mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, dan seng. Zat yg lumayan berperan yakni senyawa fitokimia yg bisa menghambat proses inflamasi. Proses tersebut diyakini jadi titik tumbuh awal terjadinya penyakit alzaimer, jantung, dan kanker. Terlebih zat lutein yg banyak sebagai antioksidan badan. Fungsinya sebagai penghambat dan pencegah perkembangan terhadap sel kanker serviks.

5. Teh Hijau #Master Polyphenol dan Flavonoid

Makanan pencegah kanker serviks yg tak kalah ampuh ialah teh hijau, makanan yg amat digemari sebagian besar perempuan. Karena salah satu manfaat teh hijau yakni buat melancarkan pencernaan. Serta bisa buat melangsingkan badan. Banyak perempuan mengonsumsinya cuma buat dimasukan dalam program diet. Nyata-nyatanya tidak hanya itu juga sanggup bermanfaat buat mengurangi dampak kanker. Kandungan polyphenol juga flavonoid bermanfaat untuk membuat sel kanker bekerja dengan cara pasif. Ia serta sanggup menjaga imunitas biar daya tahan badan kamu tetap baik.

6. Cokelat #Master Flavonoid

Mengkonsumsi cokelat katanya bisa menghilangkan dari stress. Banyak perempuan yg mengonsumsinya juga. Kandungan yg umumnya diincar yakni alkanoid, protein, karbohidrat, vitamin juga lemak. Beberapa kandungan terbesarnya terhadap fenilalanin, asam amono triptofan, juga tyrosin. Paling dicari yakni nutrisi flavonoid yg kaya akan anti oksidan. Fungsinya dapat menciptakan kamu terhindar dari efek pemicu kanker, adalah radikal bebas.

7. Tomat #Master Lycopene

Selain buat buah, tomat serta biasa dipakai sebagai sayuran. Keasamanya banyak disukai oleh anak-anak dan dijadikan juga sebagai pengganti saos sambal. Kandungan yg tercangkum didalamnya ialah vitamin C yg tinggi, juga vitamin A. serta adanya zat Lycopene yg bisa menghancurkan radikal bebas. Wujud radikal ini rata rata terdapat terhadap polusi, asap rokok, dan zat berbahaya lain. Manfaat dari Lycopene yaitu aktif mencegah sel kanker. Penelitian ini sudah dibuktikan di Harvard School of public Health.

8. Minyak Zaitun #Master Polyphenol

Kandunganya yg kaya akan polyphenol, trigliserida, squalene, tokoferol, omega 3 dan omega 6 juga asam lemak bebas benar-benar bagus buat badan. Kekayaanya dalam nutrisi polipenol dapat meringankan kamu mencegah dan menghentikan sel kanker. Bukan cuma itu, minyak zaitun ini bisa buat mengobati menghentikan sel kanker.

9. Buah Jeruk #Master Antioksidan

Makanan yg kaya akan vitamin C ini serta cocok buat menghindari efek kanker serviks. Kandungan antioksidanya yg bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

10. Wortel #Master Beta Karoten

Buah yg biasa dipakai buat menjaga kesehatan mata. Siapa sangka juga amat bermanfaat buat kamu menjaga diri dari kanker serviks. Wortel rata rata dimakan dengan cara langsung sesudah dicuci bersih, tapi ada pula yg memarutnya biar jadi jus. Ia pun biasa difungsikan sebagai sayuran. Irit, praktis dan multifungsi. Kandunganya yg kaya akan beta karoten amat sangat baik buat menghambat pertumbuhan sel kanker serviks. Bahkan nutrisinya sanggup menetralisir nitrosamines yg menumbuhkan sel kanker.

Itulah 10 makanan yg amat sangat baik kamu konsumsi. Apalagi bila kamu berminat buat mencari kelebihanya demi mengurangi efek kanker serviks. Makanan yg disarankan tadi pun mempunyai cita rasa yg enak. Jadi mempunyai fungsi ganda, yaitu selain kuliner namun pula bermanfaat buat menjaga badan.

Berhenti Marah Dapat Menyembuhkan Kanker Serviks

Berhenti Marah Dapat Menyembuhkan Kanker Serviks - Sakit adalah peringatan dari Allah yg disebabkan oleh perilaku atau akhlak seseorang yg kurang baik. Misalnya ialah kanker serviks, rata-rata muncul lantaran seringnya marah seorang istri pada anak atau suaminya. Apabila mau sembuh, tidak hanya mengikuti arahan dokter, serta mesti berhenti marah - marah.


Saudara - saudaraku, kasih sayang Allah SWT menyelimuti segala sesuatu. Allah memberi bukan sebab Kepentingan-NYA, namun lantaran perhatian Allah SWT pada Mahluk-NYA, baik muslim atau kafir. Allah memberi tidak pandang bulu. Dicurahkan terhadap seluruh MakhlukNYA. Pemberian Allah bukan buat kepuasan Allah dikarenakan Mahasuci Allah dari membutuhkan apa pun, namun justru buat kebaikan kita. Itulah gambaran mengenai Ar Rahim ( Maha Pengasih ) yg jadi sifat Allah SWT.

Tapi tidak sama dengan Ar Rahman, Ar Rahman lebih tinggi daripada Ar Rahim. Ar Rahman jangkauan kasih sayangnya meliputi dunia akhirat, sedangkan Ar Rahim cuma duniawi. Sebelum Allah SWT membuat kita, Allah sudah berikan kasih sayangNya terhadap kita dengan menciptakan dan membentuk. Kemudian sesudah tercipta, kita dituntun meraih iman dan kebahagiaan dunia akhirat. Sesudah mati, kita dikasih kesempatan Menatap-NYA di akhirat nanti.

HIKMAT MUSIBAH
Kita sering tanya kenapa Allah SWT memberikan sakit, kebangkrutan, dan beraneka ragam musibah ? Perhatikan baik - baik, tidak ada keburukan yg tidak mengandung kebaikan. Hikmahnya, kita tidak boleh su'uzan (berbutuk sangka) terhadap Allah.


Hikmah yang lain ialah kita mesti meniru sifat kasih sayang Allah ini. Seorang muslim yg mengikuti sifat kasih sayang Allah, dirinya bakal peka pada orang - orang di sekitarnya yg berada dalam kesusahan. Ia terus melacak siapa yg membutuhkan bantuan seraya menyediakan diri dan hartanya buat menolong dengan segenap kemampuannya.

Saudaraku, sesuai tausiyah, Ny Ida dari Lampung mengeluh menderita kanker serviks stadium lanjut. Dirinya sudah sering memeriksa ke dokter spesialis, tetapi belum seratus persen sembuh. Demikian serta pengobatan herbal alternatif yg pula memberi efek positif bagi kesembuhannya.

"Saat itu Ny Ida pusing bukan kepalang dan kebingungan atas penyakitnya tersebut dan kemudian ia pun bertanya - tanya kepada Ustadz untuk mencari solusi masalahnya. Apa yang harus saya lakukan, Ustad ?" tanya Ny Ida

MUSYARAWAH
Aku katakan padanya, awal mula penyakit kanker serviks tersebut bakal terpicu sebab seringnya marah - marah, baik terhadap anak atau suami. Sesuatu yg sepele terkadang ditanggapi dengan serius dan di barengi marah.

"Saran Ustad untuk Ny Ida adalah untuk Meminta Maaf kepada suami dan juga anaknya atas kebiasaan marah - marah ibu selama ini, lalu berjanjilah kepada diri sendiri untuk tidak mengulangi kebiasaan kurang baik itu. Selain itu juga ikuti nasihat dokter sebagai bentuk ikhtiyar (usaha) agar sembuh,"

"Ny. Id pun merasa perkataan Ustad itu benar dan menyebutkan bahwa banyak orang yang suka menyebutnya orang yang suka ngomel, mudah marah, suka berselisih pendapat meski pun dengan suami dan bahkan anak, saya mudah sekali untuk marah."

Masalah dalam suatu keluarga itu merupakan suatu faktor yg wajar. Jangan senantiasa ditanggapi bersama amarah, Musyarawah bakal lebih baik dengan cara yg baik ini kita semua telah ditegaskan dalam Al-Qur'an. Insya Allah apabila itu dilakukan segala macam penyakit akan langsung bisa sembuh.

Sesudah tak pernah marah - marah dan berjanji pada suami dan anak - anak Ny. Ida juga dengan cara perlahan - lahan mengalami proses penyembuhan yg bagus dan sampai sekarang dinyatakan sembuh total.

Nah, itulah kisah Ny. Ida yg mudah-mudahan mampu kita ambil hikmahnya dan seandainya kisah ini berguna jangan sampai lupa dibantu pula ya sobat sharenya : ) terimakasih.