Tanda Awal Kanker Serviks yang Perlu Kamu Ketahui

Tanda Awal Kanker Serviks yang Perlu Kamu Ketahui - kanker serviks adalah salah satu kanker yang cukup dikenal di kalangan wanita di seluruh dunia. Ini terjadi dalam sel-sel leher rahim yaitu di bagian bawah rahim yang terhubung dengan vagina. Asosiasi Kanker Amerika memperkirakan bahwa sekitar 12,900 kasus baru kanker serviks akan didiagnosis dan sekitar 4,100 wanita akan mati akibat penyakit ini pada tahun 2015. Ini adalah perkiraan yang sangat mengejutkan tapi itu suatu pernyataan benar.


Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh virus yang dikenal sebagai Human Papillomavirus (HPV). Wanita di segala usia berisiko kanker ini setelah mereka mulai melakukan hubungan seksual. Faktor-faktor risiko termasuk melakukan seks secara tidak aman, seks secara acak, berat badan berlebihan, penggunaan pil kontrasepsi, genetik, merokok, kekebalan yang lemah, kehamilan ganda dan kehamilan pertama pada usia yang muda.

Salah satu hal yang paling menakutkan tentang kanker ini adalah ia tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Setelah penyakit itu telah menyebar ke kandung kemih, hati, usus atau paru-paru, tanda-tandanya mulai terlihat. Sebagai seorang wanita dewasa, jika Anda melihat apa-apa perubahan yang luar biasa atau tanda-tanda yang mempengaruhi organ-organ reproduksi Anda, berkonsultasilah dengan dokter sebagai langkah awal pencegahan.

Selalu ingat bahwa peluang Anda untuk berhasil mengobati kanker serviks adalah lebih tinggi jika terdeteksi pada tahap awal. Dengan menggunakan tes Pap dan vaksinasi HPV, ia menjadi suatu kemungkinan kanker tersebut dapat diobati dan sekaligus turut mencegah dari terjadinya kanker serviks. Dengan pengetahuan tentang risiko-risiko dan tanda-tanda awal kanker serviks, Anda dapat menyelamatkan diri dan orang lain dari menanggung penderitaan kanker tersebut seumur hidup.

Berikut adalah tanda awal kanker serviks yang perlu Kamu ketahui

Terjadi pendarahan pada vagina secara tidak normal
Kebanyakan wanita yang didiagnosis dengan kanker serviks mengalami pendarahan yang tidak teratur. Satu tindakan yang dapat mempengaruhi perdarahan vagina yang terjadi secara teratur dapat menjadi indikator kanker serviks. Ia juga dapat disebabkan oleh kondisi medis lain, seperti ketidakseimbangan hormon, penyakit peradangan panggul atau infeksi pada organ-organ panggul.

Kanker serviks mampu menyebar ke jaringan berdekata. Ini juga dapat membuat kapiler baru yang tidak normal dan mudah pecah serta dapat menyebabkan perdarahan. Pendarahan itu bisa terjadi di antara periode menstruasi, setelah melakukan hubungan seks, setelah menopause maupun setelah pemeriksaan panggul. Pergi menemui dokter jika Anda mengalami perdarahan di antara siklus haid atau setelah hubungan seks. Ini mungkin menjadi suatu tindakan awal dalam mencegah kanker serviks yang mungkin telah mulai ada dalam diri Anda.

Vagina mengeluarkan cairan yang luar biasa
Sedikit penjelasan kepada Anda, cairan keputihan dan bau adalah hal biasa yang vagina Anda mungkin akan keluarkan. Namun, jika cairan vagina bertambah, bau busuk dan cairan yang keluar tidak tetap, itu bisa menjadi tanda awal infeksi vagina, kanker mulut rahim atau endometrium.

Bila mengalami kanker mulut rahim, cairan keputihan yang keluar bisa menjadi berat, pucat, berair, mungkin berwarna coklat atau bercampur dengan darah. Jika Anda mengalami gejala ini, segera berkonsultasi ke dokter Anda dengan segera sebelum ianya terlambat.

Merasa sakit saat melakukan hubungan seks
Hubungan seks yang menyakitkan adalah satu lagi tanda awal kanker serviks yang penting. Gejala ini menunjukkan kanker serviks yang lebih berkembang, dimana kanker tersebut telah menyebar ke seluruh jaringan dan organ-organ reproduksi. Selain rasa sakit, Anda juga mungkin mengalami gejala-gejala lainnya, seperti suatu ketebalan di dalam vagina atau keputihan yang berbau busuk.


Ada alasan lain yang mungkin bagi mengkaitkan masalah ini khususnya, seperti infeksi atau PCB. Jangan mengabaikan gejala ini. Dapatkan pemeriksaan serviks oleh dokter atau ahli yang Anda percayai. Anda mungkin berhasil mencegah kanker tersebut dari sukses mendatangkan penderitaan bagi hidup Anda.

Nyeri pada panggul
Nyeri pada panggul adalah hal biasa yang terjadi dalam kalangan wanita. Kram dan nyeri tertentu adalah sebagian hal yang normal dalam siklus haid dan janganlah biasanya tidak menunjukkan adanya kanker atau mana-mana kondisi serius yang lain. Namun, rasa sakit yang berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama dan lebih sering terjadi dapat menjadi tanda kanker serviks yang tidak patut pedulikan.

Jika Anda mengalami kanker serviks, Anda mungkin mengalami sakit panggul pada masa-masa yang luar biasa, dan rasa sakit yang mungkin dimulai secara tiba-tiba pada setiap saat dalam bulan-bulan tertentu. Selain itu, rasa nyeri biasanya tidak terjadi kecuali kanker berada dalam tahap berikutnya, yaitu dimana kanker tersebut telah mulai lebih berkembang. Jika Anda memiliki pengalaman merasa sakit pada panggul atau merasakan suatu tekanan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan mencegah kemungkinan kanker serviks terjadi.

Ketidaknyamanan saat buang air kecil
Kanker serviks juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat buang air kecil. Bahkan, ia adalah salah satu dari tanda-tanda yang paling jelas dan nyata bahwa penyakit ini bisa berakibat fatal. Ketidaknyamanan membuang air kecil termasuk rasa seperti terbakar, rasa pedih atau sensasi yang ketat saat buang air kecil. Gejala seperti ini terjadi ketika kanker telah menyebar ke jaringan terdekat. Hal ini membutuhkan perhatian segera untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Namun, ketidaknyamanan saat buang air kecil juga bisa disebabkan oleh sebab-sebab lain, seperti infeksi saluran kemih, masalah kandung kemih, infeksi jamur atau penyakit kelamin (STD). Pastikan Anda selalu diperiksa oleh dokter apakah didiagnosis atau terus mendapatkan perawatan yang tepat untuk menghindari masalah tersebut menjadi lebih parah sekaligus memberikan jalan bagi kanker serviks untuk terus berkembang dalam tubuh Anda.

Periode menstruasi yang lebih lama dan berat
Periode menstruasi yang lebih berat dan lebih lama dari biasa adalah satu lagi tanda-tanda awal kanker serviks. Sebagai contoh, iritasi serviks mungkin disebabkan oleh penyebaran kanker serviks dan menjadi antara kaitan utama dalam masalah ini. Pendarahan dianggap berat jika Anda harus mengganti pembalut atau tampon lebih sering dari sekali dalam setiap 2 jam.

Selain kanker, pendarahan berat dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, fibroid, polip, penyakit peradangan panggul, endometriosis atau tiroid, masalah pada organ yang dekat dengan hati atau penyakit ginjal. Ini juga dapat terjadi karena konsumsi obat-obatan tertentu. Apa-apa perubahan dalam konsistensi haid perlu dibahas dengan dokter Anda. Ingatlah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Kehilangan kontrol pada kandung kemih
Sering membutuhkan waktu istirahat adalah biasa dalam kalangan wanita hamil dan orang-orang yang telah meningkatkan konsumsi serat dalam diri mereka. Jika Anda mengalami masalah ini tanpa mengetahui apa sebabnya, ini mungkin perlu dilakukan penilaian pada tahap berikutnya.

Kehilangan kontrol pada kandung kemih adalah masalah utama ketika seseorang itu mengidap kanker serviks. Ini biasanya menunjukkan bahwa kanker tersebut telah menyebar di luar area lokal dan mempengaruhi kandung kemih atau bagian-bagian lain saluran kencing. Orang yang telah didiagnosis dan didiagnosis dengan kanker ini sering mengalami masalah kehilangan kontrol kandung kemih ditambah dengan darah dalam air kemih. Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli yang dipercaya jika masalah tersebut terjadi pada Anda untuk mendapatkan pemeriksaan sekaligus mampu menjauhkan Anda dari risiko mengidap kanker serviks.

Kehilangan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
Seperti tanda-tanda lain ketika kanker telah mulai teramati, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan juga dapat dikaitkan dengan kanker serviks. Ketika menderita suatu kanker, sistem imun dalam tubuh bekerja keras untuk melawannya. Badan akan menghasilkan protein kecil yang dikenal sitokin yang memecahkan lemak pada tingkat yang lebih tinggi dari biasa. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan, tanpa diet Anda.

Jika Anda tiba-tiba kehilangan berat badan dan memiliki beberapa gejala lain seperti yang telah disebutkan dalam artikel ini, mungkin disebabkan oleh kanker serviks yang telah mulai berkembang. Adalah penting bahwa Anda mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari dokter dan ahli yang terpercaya.

Kelelahan yang berkelanjutan
Hari yang sibuk sering dialami oleh siapa saja, tetapi dengan istirahat yang cukup, Anda akan merasa segar dan energik. Jika Anda merasa lemah atau kekurangan energi setiap saat bahkan istirahat Anda telah lama mengambil istirahat, ia bisa menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan.

Ketika seseorang menderita kanker, sel darah merah akan diganti dengan sel-sel darah putih untuk melawan penyakit ini. Ini menyebabkan anemia, yang menyebabkan kelelahan, kekurangan energi dan hilangnya nafsu makan. Selain itu, ada juga masalah kurangnya pasokan oksigen ke tubuh. Menanggapi penyakit anemia adalah tanda peringatan bahwa kanker tersebut berkembang pesat. Anda perlu untuk mendapatkan perawatan secepat mungkin untuk menghindari penyakit tersebut terus merusak diri Anda.

Sakit kaki
Wanita yang didiagnosis dan dikonfirmasi mengidap kanker serviks sering mengalami bengkak dan sakit pada kaki mereka. Bila kanker mulai menyebar, ia akan menghambat aliran darah, yang menyebabkan pembengkakan pada kaki. Kaki bengkak sering membuat Anda sakit, rasa sakit sehingga sulit untuk melakukan kegiatan harian Anda scara normal. Bila dikaitkan dengan kanker serviks, nyeri tersebut mulai cenderung berkelanjutan dan meningkatkan intensitas dari waktu ke waktu. Pada seketika waktu, Anda mungkin juga mulai sakit belakang.

Ingat, sakit kaki tidak berarti anda menderita kanker. Jika Anda memiliki rasa sakit pada kaki dan beberapa gejala yang telah disebutkan di atas untuk beberapa minggu, langkah pertama yang wajar dan terbaik untuk diri Anda adalah bertemu dan mendapatkan pemeriksaan oleh dokter yang Anda percaya. Pastikan kualitas hidup Anda tidak sesekali dipengaruhi oleh kanker serviks dan merusak hubungan Anda bersama orang yang tersayang.

0 Response to "Tanda Awal Kanker Serviks yang Perlu Kamu Ketahui"

Posting Komentar