Ini yang Terjadi Jika Kanker Serviks Muncul Saat Hamil


Ini yang Terjadi Jika Kanker Serviks Muncul Saat Hamil - Waspada, kanker serviks mampu terjadi terhadap ibu hamil. Bukan kehamilan jadi penyebabnya, namun virus kanker telah ada sejak lama. Beberapa kasus, seseorang terdeteksi kanker serviks diwaktu hamil.

Menurut dr Marihor Pasaribu SpOG, kanker serviks yaitu penyakit ganas yg membahayakan wanita. Efek terburuk yakni rahim mesti diangkat. Otomatis hal itu menyebabkan ibu tak bisa hamil. “Kanker serviks saat hamil ini biasanya terjadi di usia kandungan tua menjelang persalinan. Ibu masih bisa hamil, jaringan mulut rahim belum rusak. Ini tergolong kanker stadium satu,” jelas dia.

Pembuahan sel telur & sperma tidak dapat berlangsung apabila mulut rahim rusak. Bila sesudah hamil baru terdeteksi, bila umur kehamilan trimester pertama sanggup menyebabkan janin tak berkembang. Selain itu, bakal memicu terjadinya abortus atau keguguran, ataupun perdarahan hebat.


“Penanganannya bergantung usia kehamilan. Jika di awal sudah terdeteksi biasanya kehamilan dihentikan. Mengingat perkembangan janin juga terganggu,” tutur Marihot.

Sedangkan apabila di kandungan yg lanjut usia, ibu dapat jalankan fisioterapi. Sambil dipantau kankernya apakah parah atau tidak? Tindakan paling penting pasti mendiskusikan dengan keluarga, yg sebaiknya dilakukan. Dan pertimbangan memberikan tipe obat yg dapat diberikan terhadap ibu hamil. Seandainya benar-benar tak dapat dengan jalan fisioterapi, otomatis bakal dilakukan tindakan operasi. Hingga pada pengangkatan rahim.

“Memang sulit terdeteksi dari awal. Bisa jadi ibu sudah terkena human papilloma virus (HPV) 10 tahun yang lalu dan sekarang baru diserang kankernya. Itu sebabnya setelah 9 bulan baru diketahui ternyata menderita kanker,” akhir dia.

0 Response to "Ini yang Terjadi Jika Kanker Serviks Muncul Saat Hamil"

Poskan Komentar