Kenali Gejala Kanker Serviks Berdasarkan Tingkatannya


Kanker serviks membunuh lewat beberapa step (stadium). Bagaimanakah tingkatan stadium kanker serviks?

Stadium 1
Yang berlangsung : sel kanker baru “berkunjung” ke mulut rahim. Terhadap fase ini kita mesti menyadari, tak ada istilah sembuh melainkan five-year survival rate (FYSR) atau bisa jadi lima tahun bertahan. Dihitung dari sejak diagnosis ditegakkan dokter. Yg dapat dioperasi cuma kanker serviks stadium 1 hingga 2A.
FYSR : kesempatan sembuh 80 hingga 99%.


Stadium 2
Yang berlangsung : terhadap stadium 2A sel kanker menjalar ke mulut rahim tapi belum menyenggol parametrium (jaringan renggang disekitar uterus). Kepada stadium 2B sel kanker sejak mulai menggerogoti parametrium. Pasien bisa saja belum merasakan resiko waktu sel-sel kanker merangsek masuk ke parametrium. Yg dirasakan dapat menjadi pegal-pegal & tak enak di perut. Gejala yg sanggup ditengarai, post-coital bleeding (pendarahan sesudah berhubungan intim). Seandainya tumor telah membesar, bisa pendarahan sendiri dikala berjalan.
FYSR : 60 hingga 90%.

Stadium 3
Yang berlangsung : sejak mulai ada kendala kala buang air kecil. “Ginjal membesar atau mengalami hidronefrosis (pembesaran satu atau dua ginjal akibat terhalangnya aliran urine). Kalau kita cek fungsi traktus urinarius (sistem yang terdiri dari struktur-struktur yang menyalurkan urine dari ginjal ke luar tubuh) sudah tidak normal,” jelas Andriana.
FYSR: 30 hingga 50%.

Stadium 4
Yang berlangsung : mestatasis (penyebaran kanker dari situs awal ke lokasi lain di badan).
FYSR : cuma 20%. Seandainya belum menikah atau melakukan kontak seksual, Kamu disarankan menangkal kanker serviks dgn vaksin. Ada dua tipe vaksin : bivalen buat HPV 16 & 18 juga kuadrivalen buat menangkal HPV kategori 16, 18, 6, & 11. “Jika telah menikah atau pernah melakukan kontak seksual, silakan papsmear. Di tempat saya bekerja misalnya, papsmear hanya 169 ribu rupiah dan vaksin HPV mulai 2,2 juta rupiah,” terang Andriana.

0 Response to "Kenali Gejala Kanker Serviks Berdasarkan Tingkatannya"

Poskan Komentar