Kanker Serviks Pembunuh Wanita Nomer Satu Di Dunia


Pengobatan Kanker Serviks - Kanker Serviks rupanya jadi penyakit pembunuh nomor satu perempuan di dunia. Itu sebabnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang gencar lakukan sosialisasi biar penduduk, khususnya kaum hawa dapat mencegah penyakit tersebut.

Salah satu gerakan buat mensosialisasikan bahaya kanker serviks digelar oleh Kelurahan Belimbing, Kamis (10/3) tempo hari. Penyuluhan pencegahan penyakit itu di sampaikan di sela-sela aktivitas rapat kordinasi (Rakor) Keluarga Berencana (KB) sub Pembantu Petugas Keluarga Berencana Kota (PPKBK) dalam meningkatkan pencapaian KB & peningkatan Kesehatan penduduk.

Aktivitas ini didukung penuh Lurah Belimbing M.Ikhsan, Puskesmas Bontang Barat, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana(BPPKB), & pendamping kordinator Penyuluhan Keluarga Berencana(PKB) yg dihadiri oleh kader sub PPKBK masing-masing RT Se-Kelurahan Belimbing.


Ridatul Musren dari Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) yg jadi salah satu narasumber menyampaikan, maksud didatangkan ke kelurahan Belimbing yakni mengemukakan pada penduduk dengan cara langsung apa perihal pemicu kanker, bagaimanakah gejala kanker, tandanya kanker , & deteksi sedini mungkin cara mencegah kanker.

“Tujuan utama Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia adalah menjurunkan jumlah kanker payudara dan kanker serviks, dimana kanker serviks merupakan pembunuh nomor satu dan kanker payudara menjadi pembunuh nomor dua di dunia,” ucapnya.

Ridatul menuturkan, kanker serviks ada 3 kategori yakni kanker pertama serviks leher, ini berjalan seandainya sering gonta ganti pasangan & sex bebas dibawah 16 thn, kedua kanker serviks badan, tak pernah melahirkan, tiap tahun hamil terus, yg ketiga kanker induk telur, ini berlangsung seandainya pemakaian kontrasepsi pil KB lebih dari 5 thn.

“Ketiga jenis kanker serviks ini dapat  menyebabkan kanker serviks menjadi pembunuh nomor satu pada wanita di dunia,” jelasnya.

Ridatul melanjutkan, perihal paling tinggi buat kanker serviks yaitu gonta-ganti pasangan, menikah dini, & kebersihan alat kelamin jadi untuk pencegahannya mesti menghindari faktor resiko tersebut.Buat mencegah dampak terkena kanker serviks wanita di dunia sebaiknya mesti melaksanakan preventif (pencegahan) dari luar & dari dalam.

Preventif dari luar seperti pola makan sehat & rutin, mengkonsumsi buah & sayur, hindari makanan tinggi lemak seperti daging , hindari makanan berpengawet & olahraga rutin.Sedangkan preventif dari dalam seperti melaksanakan suntik imunisasi kekebalan badan,atau mengonsumsi tumbuhan yg mengandung zat anti kanker.

“ Untuk mencegah kanker serviks pada wanita baiknya lakukan preventif dari luar dan dalam,bila sudah vonis lakukan kuratif (menyembuhkan) dan rehabilitatif yang dilakukan di Rumah Sakit(RS),” tuturnya.

Sementara itu Iswanta Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial (PMKS) Kelurahan Belimbing mengemukakan, maksud diadakan aktivitas ini yaitu memberikan penyuluhan pada para ibu buat paham program KB.

“Memberikan penyuluhan agar Para Ibu bisa mengurangi angka kelahiran, mengatur kelahiran sehingga akan menuju keluarga yang sejahtera,” jelasnya

Selain membahas berkenaan peningkatan pencapaian KB, membahas risiko tinggi buat ibu hamil & membahas berkaitan demam berdarah.

0 Response to "Kanker Serviks Pembunuh Wanita Nomer Satu Di Dunia"

Posting Komentar